PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Dalam
kehidupan sehari-hari kita pasti tidak akan bisa lepas dari kegiatan
berinteraksi dengan orang lain yang ada disekitar kita, baik itu dengan
keluarga, teman, bahkan dengan orang yang tidak kita kenal sekalipun. Dalam
berinteraksi dibutuhkaanlah sebuah komunikasi yang baik agar dapat tercipta
kenyamanan dan tidak timbul kesalahpahaman pada saat kita berhubungan dengan
orang lain. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian
komunikasi dan perannya dalam sebuah organisasi.
A. Pengertian Komunikasi
Jika berbicara tentang pengetian
komunikasi yang mungkin terpikir di dalam pikiran ialah komunikasi itu kegiatan
seseorang atau beberapa orang yang menyampaikan beberapa informasi kepada orang
lain yang bertujuan agar orang tersebut mengetahui tentang suatu hal. Menurut Wikipedia sendiri komunikasi itu berasal dari
bahasa latin yaitu communis yang
berarti ‘sama’.
Banyak sekali penjelasan yang menerangkan
tentang pengertian dari komunikasi, diantaranya ialah sebagai berikut:
1.
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan
pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan
membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan
oleh komunikator
(Raymond Ross).
2.
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan
pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka
(Gerald R. Miller).
3. Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu
sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah
laku mereka (Everett M. Rogers).
4. Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang
menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk
mengubah perilaku orang lain (Carl I. Hovland).
5. Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada
penerima (New Comb).
6. Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan,
emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata,
gambar, grafis, angka, dsb (Bernard Barelson & Garry A. Steiner)
7. Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling
menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi
merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan
pembangkitan balasannya (Colin Cherry).
8. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem
dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang
dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan (Forsdale, 1981)
Dari beberapa
pengertian komunikasi yang dipaparkan oleh beberapa ahli diatas dapat diambil
kesimpulan bahwa sebenarnya komunikasi itu merupakan penyampaian pesan ataupun
informasi dari seseorang kepada orang lain. Dalam penyampaian pesan tersebut
pastilah membutuhkan media dalam penyampaiannya, media yang dapat digunakan
dalam penyampaian pesan bisa dari media elektronik, media cetak atau bahkan
dari mulut ke mulut. Proses komunikasi ini sangatlah penting karena dengan
adanya komunikasi maka penyampaian informasi akanlah lebih cepat dan lebih
efektif.
B. Jenis-jenis
Komunikasi
Ada dua jenis
komunikasi yang mungkin sudah banyak diketahui, berikut ini penjelasan mengenai
jenis-jenis komunikasi.
1. Komunikasi Lisan
Mendengar namanya saja
pasti kita sudah mengetahui bahwa komunikasi ini dilakukan dengan melalui
perantara mulut (verbal). Ada dua jenis komunikasi lisan yaitu komunikasi
langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi langsung itu ialah
komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bertatap muka
dan tidak ada jarak atau alat apapun yang menghalangi, sedangkan komunikasi
tidak langsung ialah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
melalui perantara alat seperti handphone,
telepon dan lain sebagainya. (Wikipedia
Indonesia, Teori Komunikasi).
2. Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan
ialah komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan
tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang
singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berupa
surat-menyurat, sms, surat elektronik, dan lain sebagainya (Wikipedia
Indonesia, Teori Komunikasi).
C. Komunikasi yang
Efektif dan Implikasi Manajerial
Komunikasi yang efektif
memiliki suatu arti dimana komunikasi itu tersampaikan secara tepat sasaran.
Maksudnya tepat sasaran disini ialah komunikasi itu tersampaikan tepat kepada
yang membutuhkannya, contohnya saja komunikasi tentang informasi mengenai
universitas, pastinya komunikasi mengenai informasi ini akan lebih berguna bagi
siswa yang sedang mencari universitas yang akan ditempatinya setelah lulus
nanti. Komunikasi juga dapat dibilang efektif jika seseorang yang mendapatkan
informasi tersebut dapat memahami dan mengerti akan informasi yang diterimanya,
sehingga merubah pandangan orang tersebut akan suatu hal.
Syarat-syarat untuk
berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
·
Menciptakan suasana
yang menguntungkan.
·
Menggunakan bahasa yang
mudah ditangkap dan dimengerti.
·
Pesan yang disampaikan
dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
·
Pesan dapat menggugah
kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
·
Pesan dapat menumbuhkan
sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Dalam kamus besar bahasa Indonesia
implikasi mempunya arti yaitu akibat.kata implikasi sendiri dapat merujuk ke
beberapa aspek salah satu aspek yang akan saya bahas kali ini implikasi
manajerial. Dalam manajemen sendiri terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi
prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja
dan formulasi kebijakan
2. implikasi
kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Jadi
implikasi manajerial memiliki arti Proses Pengambilan Keputusan
Partisipatif Dalam Organisasi manajerial yang baik.
D. Definisi
Organisasi
Tidak lengkap rasanya
jika kita hanya membahas tentang komunikasi saja dan mengesampingkan tentang
pembahasan mengenai organisasi. Organisasi berasal dari bahasa Yunani: ὄργανον, organon - alat adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Banyak sekali
pengertian organisasi yang dipaparkan oleh beberapa ahli, berikut
penjelasannya.
1. Organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama (Stoner).
2. Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama (James D.
Mooney)
3. Organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih (Chester I.Bernard)
4. Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan (Stephen P.Robbins)
5. Organisasi didefinisikan sebagai suatu kumpulan (atau
sistem) individu yang bersama-sama, melalui suatu hirarki pangkat dan pembagian
kerja, berusaha mencapai tujuan tertentu (Rogers dan Rogers, dalam Hanneman dan
McEwen, 1975, hlm. 128)
Organisasi ialah suatu
tempat berkumpul dua orang atau lebih yang biasanya melakukan suatu pekerjaan
untuk mencapai suatu tujuan yang sudah dibuat. Banyak sekali bentuk-bentk
organisasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya ialah
keluarga kita sendiri. Mengapa suatu keluarga dapat dikatakan sebuah organisasi
? Jelas sekali bahwa dalam satu keluarga seminimal mungkin pastinya terdiri
dari dua orang, dan biasanya dalam suatu keluarga itu memiliki suatu tujuan,
contohnya saja orang tua yang mencari uang untuk mensekolahkan anaknya.
E. Pentingnya
Komunikasi dalam Organisasi
Komunikasi
keorganisasian mempunyai beberapa tujuan, yaitu seperti dibawah ini:
1. Memberikan informasi, sudah jelas bahwa dalam kegiatan
komunikasi itu bertujuan untuk mengirimkan informasi kepada sesame anggota
dalam organisasi tersebut.
2. Umpan balik
3. Pengendalian, dengan adanya komunikasi yang baik, maka
pelaksanaan tugas-tugas organisasi akan dikendalikan supaya tujuan darin
organisasi itu tercapai.
4. Pengaruh, jelas dengan pengertian komunikasi diatas bahwa
komunikasi itu bertujuan untuk mempengaruhi seseorang agar mengikuti apa yang
si pengirim informasi inginkan.
5. Memecahkan masalah, biasanya dengan adanya komunikasi yang
baik dalam organisasi, masalah yang ada dalam organisasi itu akan
terselesaikan, baik antara petinggi dan anggota maupun antar anggota dalam
organisasi tersebut.
6. Pengambilan keputusan, pengambilan keputusan yang baik itu
pastinya diadakan secara terbuka dengan melakukan komunikasi dengan semua
anggota.
7. Mempermudah perubahan
8. Pembentukan kelompok
9. Menjaga pintu
Komunikasi dalam suatu
organisasi sangatlah penting, karena komunikasi diibaratkan sebagai suatu hal
yang dapat menentukan keberhasilan suatu tujuan dari organisasi tersebut. Bias dibayangkan
kalau tidak ada komunikasi yang baik pasti akan banyak terjadi kesalahpahaman
dan nantinya akan membuat kehancuran sendiri dalam organisasi tersebut.
Daftar Pustaka:
Pareek, Udai (1984). Perilaku
Organisasi. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
Tubbs, Stewart L & Moss, Sylvia, Hman Communication, Terj Mulyana, Deddy dan Gembirasari, Bandung:
PT Remaja Rosdakarya (1996)
Wikipedia Indonesia, Komunikasi, http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
Wikipedia Indonesia, Daftar Definisi Komunikasi, http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi
Wikipedia Indonesia, Teori Komunikasi, http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_komunikasi#Jenis-jenis_komunikasi
Wikipedia Indonesia, Organisasi, http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar